Jumat, 25 Mei 2012

Penangkal Virus Alman (w32/Almanahe)


Sebelumnya saya pernah share tentang penangkal virus Ramnit, karena virus ini penyebarannya sangat pesat sekali sehinnga untuk pencegahannya tidak cukup hanya dengan menggunakan AntiVirus saja. Jadi kita perlu menambahakan penangkal khususnya untuk bisa mencegahnya menjangkiti komputer kita. Nah, selain Ramnit, ternyata masih banyak virus lain yang cukup berbahaya dan penyebarannya pun sangat pesat seperti layaknya Ramnit. Nama virus ini yaitu Alman atau biasanya dikenal dengan nama W32/Almanahe. Seperti Layaknya virus Ramnit, W32/Almanahe juga mempunyai keahlian yang hampir serupa dengan Ramnit yaitu mampu menginfeksi file-file berekstensi *.exe. Jadi jika seandainya virus ini menjangkiti PC korban yang mempunyai banyak file-file berekstensi *.exe, maka bersiap-siaplah untuk kehilangannya (kecuali Antivirus Anda bisa membersihkannya). :(
Cara penyebaran virus ini sama dengan kebanyakan virus-virus lain, yaitu dengan perantara beberapa media penyimpanan portable seperti USB Flashdisk, Memory Card dll. Virus ini akan membuat file boot.exe dan autorun.inf pada setiap media penyimpanan yang dihubungkan dengan komputer yang sudah terinfeksi. Selain melalui media penyimpanan, Alman juga mampu menyebar melalui jaringan LAN/WAN dengan memanfaatkan Default Share Windows. Jika Berhasil masuk maka virus ini akan membuat file setup.exe pada drive C:/ dan menjalankannya.
Selengkapnya mengenai virus Alman ini bisa dilihat disini
Bagaimana Cara Pencegahannya?
Menurut beberapa analisa yang dilakukan oleh vaksin.com, pencegahan terhadap virus ini bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:
Untuk melindungi Komputer/Laptop dari serangan Alman (W32/Almanahe) bisa dengan cara mematikan Default Share Windows jika tidak digunakan dan matikan fitur autorun pada windows.
Caranya copy paste script berikut ini pada notepad lalu beri namaDisableDefaultShare.inf (beri ekstensi *.inf) kemudian klik kanan dan install.
[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom
[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
 DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\lanmanserver\parameters, AutoShareWks,0×00010001,0
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\lanmanserver\parameters, AutoShareServer,0×00010001,0
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255

Selain itu, kita juga bisa menggunakan Anti Alman Tool v1 sebagai langkah pencegahan terhadap ancaman virus ini. Anti Alman Tool ini di buat oleh vaksin.com dan mempunyai fungsi untuk membasmi virus Alman dan juga membuat Komputer kebal dari virus ini. Tetapi tool ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan file exe yang sudah terinfeksi, jadi tool ini hanya untuk sebagai firewall komputer dari virus ini.
Beberapa fitur dan kelebihan yang dimiliki Anti Alman Tool v1 ini adalah:
  1. Gratis dan satu-satunya yang bisa membuat komputer Kebal dari Alman walaupun tidak ada Program Antivirus yang terinstall di Komputer sekalipun.
  2. Mampu mencari dan mematikan proses virus Alman yang berjalan di memory
  3. Mampu memperbaiki registry yang sudah di modifikasi oleh virus
  4. Mampu menghapus file induk dari virus Alman (W32/Almanahe)
  5. Proteksi PC agar kebal dari ancaman W32/Almanahe
  6. Proteksi agar Alman tidak menginfeksi USB (Removable Media)
Anti Alman Tool
Keterangan Menu:
  • Kill Alman Process, berfungsi untuk mencari dan mematikan proses virus
  • Protect Alman, berfungsi untuk memproteksi Komputer agar kebal dari virus W32/Almanahe
  • Restore…, berfungsi untuk mengembalikan semua perubahan yang sudah dilakukan oleh Anti Alman Tool.
NB: Untuk hasil maksimal, Lakukan pembersihan dalam mode aman (SAFE MODE)
Link download Anti Alman Tools :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar